Monday, December 11, 2006

Tanker minyak



Inilah Tanker minyak yang berada di kawasan PT CHEVRON PACIFIK INDONESIA, DUMAI TERMINAL OIL WHARF. sebenarnya, gambar ini saya comot dari foto-foto saat B2TKS sedang menjalankan proyek di sana. (gambar diambil oleh teman sekantor ayah saya saat berada di proyek)

kalau saya lihat-lihat dari data yang ada di file-file laptop itu, memang, terlihat megah sekali kapal minyak itu bertengger di lautan.. tapi, ternyata, B2TKS BPPT (Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur) BAdan Pengkajian dan Penerapan Teknologi saat melakukan kontrak kerja dengan pihak CPI, Dumai, Novermber lalu, menemukan banyak terdapat korosi di banyak bagian pengeboran minyak dan bahkan di banyak tempat yang dapat dilihat langsung seperti bagian desk utama, dan desk lainnya.

saya tidak bisa mengungkapkannya, karena saya tidak mengerti mengenai bagian-bagian yang terkena korosi tersebut.. namun salah satunya seperti yang ada pada gambang mooring berikut..



pada bagian tiang-tiang mooring yang menancap ke air.Ya..ternyata, di balik pengerjaan pengeboran tersebut, banyak hal yang musti dibenahi lagi, tentu pada insfraktruktur-nya, agar hasil yang diharapkan dapat maksimal. Dan pastinya... manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Hm,,,melihat gambar-gambar tersebut.. saya teringat akan kelangkaan minyak tanah beberapa waktu belakangan ini..Di benak saya terlintas pertanyaan, apa iyah Indonesia kekurangan sumber daya alam? Apa sudah saatnya Indonesia kehabisan SDA-nya, padahal masih banyak generasi yang harus diselamatkan? Apa jadinya kalau negara ini kehabisan energi?

untuk beberapa waktu kelangkaan minyak tanah saja mampu membuat antrean hingga berhari-hari untuk mendapatkan beberapa liter saja minyak tanah untuk masak, dll.. Apa jadinya, kawan?

Sementara, kekayaan alam kita terus dikeruk bangsa asing, pemerintah tidak mampu bertindak apa-apa. Di mana suara rakyat yang kalian emban, wahai para pejabat?!

Ehem, sungguh nyaman rupanya "kursi" mu itu. Boleh kami cicipi ta, Pak? (melirik-lirik..)



Yuli/foto:Doc.B2KTS BPPT

0 komentar:

Post a Comment