Thursday, January 11, 2007

January...o...January...

Masih menunggu ibu dan ayah pulang dari tanah suci. Sementara mengisi waktu liburan semester yang berlangsung sejak 25 Desember 2006 yang lalu, saya memilih untuk magang di Majalah Nebula ESQ, sebelumnya saya sudah menjadi koresponden untuk majalah tersebut sejak pertengahan tahun lalu. Namun, rencana di akhir tahun itu sempat hampir saja saya batalkan karena sakit, padahal keterangan dari universitas dan transkrip nilai sudah saya ajukan ke sekretaris redaksi. Mungkin karena belajar di bawah ketidakpastian, satu sub mata kuliah yang berharga 6 sks itu, dan ujiannya saya rasa gagal, saya benar-benar terpukul setelah waktu ujian berakhir siang itu, 20 Desember 2006. hari terakhir UAS itu membuat saya benar-benar terpukul, bagaimana mungkin saya harus mengulang tahun depan, ow, tidak!!!

Saat ayah mengirimi saya sms, menanyai kabar nenek dan adik-adik di rumah, saya pun akhirnya bercerita, kalau saya takut tidak lulus. Tapi, ayah bilang: kamu mesti banyak belajar lagi kalau gituh. Yaa, perasaan saya agak lega, walau belum seberapa. Sore hari itu, saya diajak menghilangkan pusing-pusing, penat-penat, dan menghibur diri oleh teman saya. Akhirnya kamu pun hunting yang lucu-lucu di ITC Depok.. Lumayan menghabiskan beberapa persen dari honor nulis bulan itu. Beli pakaian buat magang, beli hadiah buat adik-adik, dan lain sebagainya.

Esoknya, saya langsung pulang ke rumah, berangkat pagi dari kosan, dan melepas rindu dengan rumah kebun di Serpong. Lelahnya perjuangan UAS semester lima.. menutup tahun 2006, saya sempat masuk ke kantor hanya satu hari di tanggal 27, selebihnya, saya liburan (bad-rest) hingga tanggal 2 Januari. Di malam tahun baru, yang biasanya saya habiskan bersama keluarga menyambut ulang tahun ibunda tercinta, sekarang, kami berempat bikin sate. Sate babak pertama banyak yang gosong, karena Ichsan belum nemuin celahnya, selanjutnya, enak tenan...

Memasuki minggu kedua saya magang di Nebula, saya membaca beberapa buku bagus untuk diresensi, yang pertama buku Mario Teguh, lalu yang kedua, buku Orhan Pamuk, pemenang Nobel Sastra 2006 dengan judul novelnya My Name is Red. Namun, keduanya belum ada yang selesai, karena pulang magang rasanya cuapee banget. Banyak banget kerjaannya. Hm, bulan Januari pun, aku cuma melahirkan beberapa puisi untuk kolaborasi dengan Moeraindra. Tapi, itu pun belum saya kirim buat dia, karena masih perlu pengendapan. Melihat beberapa waktu ini, saya menulis dengan sangat melankolis sekali. Mungkin, memang udah dari sananya, pribadiku begitu, tapi, belakangan semuanya sangat berpengaruh kepada tulisan-tulisan saya.

Moeraindra menulis banyak puisi dalam bahasa Inggris, dan hal itu mengingatkan saya masa berjaya saya memahami bahasa inggris sejak SD. Huaah.. itu beberapa tahun yang lalu. Lalu, saya bingung, kemana bahasa inggris saya? Hm, kenapa saya jadi males berbahasa Inggris? Kebetulan, saat melihat spanduk di depan LIA DEPOK, akhirnya saya putuskan untuk ikut kelas bahasa inggris, dan mengambil kelas malam. Berharap dapat temen sekelas yang sudah kuliah, lulus kuliah, atau pun bekerja, eeeh, taunya,, banyakan anak SMA nya.. walau pun ada beberapa juga yang sudah lulus&kerja.
Sekarang, pulang magang hari Senin dan Rabu, saya langsung menuju Depok, sering kali saya langsung menuju LIA, tapi kemaren, saya sempatkan diri pulang dulu ke kosan, mandi dan berangkat dengan seger dan wangi.. hihi..beberapa kali saya langsung menuju Pizza Hut, makan sendiri di pojok ruangan, sambil membaca buku atau sekedar membuat sebait puisi tentang Cinta. Setelah bosan, dan menghabiskan satu pan pizza dan dua gelas coke, saya menuju LIA..Jam sembilan malam, kelas pun berakhir. Saya menuju kos, dan menyelesaikaan cucian baju, atau langsung menghadap komputer, mengerjakan apa saja, baru jam setengah sebelas, saya memaksakan diri untuk tidur.

Masih menunggu ibu dan ayah pulang, menit ketigapuluhdua beranjak dari pukul sembilan, aku lagi mendownload naskah yang masuk ke redaksi Nebula. Hari ini redaksi tampak sepi, beberapa reporter telah berangkat ke JHCC untuk meliput training Eksekutif bersama Ary Ginanjar, Mas Erwyn (wakil ketua redaktur kompartemen) mengikuti training ini sebagai giliran training karyawan.

Menyenangkan memang bisa mengisi liburan di sini, setidaknya, tidak ada waktu terbuang untuk bengong kaya ayam kesamber geledek, atau tidur kaya kebo di lumpur. Hihi.. kan semuanya tahu, kalau libur emang enakan tidur seharian, makan, tidur lagi, ngopi sambil nonton, main, shopping, aaah pokoknya yang nyenengin ajah, tapi, kalau atmosfernya orang-orang workaholic semua, kita juga jadi terpacu.

Yaa...senengnya, di sini, saya agak melupakan detik-detik pengumuman kelulusan semester ini di tanggal 12 Januari besok, karena di sini, saya ketemu crew yang kocak- macam Mas Hendi yang suka nambulin cabe rawit, Mbak Lisya yang suka riweuh sendiri, bang Ekky yang suka makan dan nyeletuk, ada Bang Nafi Medan yang kemejanya suka dikeluarin, Mas Erwyn yang tua tapi babyface, ada Cak Syamsul yang serius nge-lay out, ada Cak Fariz penganten baru pindah meja kerja sekarang ke bagian penerbitan, juga Pak Tatan, fotografer yang foto-fotonya keren-keren..dan ada beberapa orang lain yang aku gak terlalu akrab... dan memang mereka pun gak terlalu banyak ngomong sama aku. Hmm, pemred Nebula, Pak Yudistira, adalah orang yang penuh wibawa, penulis naskah Arjuna Mencari Cinta.

Sebenernya, di redaksi sini, saya agak kaget, karena ternyata, personel Nebula 165 sering ngaret Morning Breafing. Selama saya magang, saya selalu tiba lebh awal daripada mereka. Padahal saya sudah agak siang berangkat dari rumah atau pun kosan. Tapi, kadang atau bahkan sering kali mereka malam, lebih daripada jam 5 sore atau waktu yang ditentukan. Hm, di sini, kekurangan kursi dan desk, saya kadang harus bertukar temat beberapa kali untuk menyelesaikan tulisan. Sebenernya mau bawa laptop dari rumah, tapi, ribet bawanya, soalnya musti naik angkot atau naik deborah dari Depok. Tapi, kalau gak ada yang make, lumayan lah, seharian YM ku OL, yaaa, internet along the day…
Minggu depan dateline majalah, pasti akan lebih sibuk… jadi saya mau akhiri dulu kolom curahat hati kali ini. See yaa…

Salam,
Yusako

0 komentar:

Post a Comment