Danboo

Danboo tuh kependekan dari Danboard, dibuat dari kertas karton board. Yang pertama kali mengkreasikannya adalah Azuma Kiyohiko seorang komikus serial manga Yotsuba

Do'a di Tahun Baru 2012

Sobat yusako... akhirnya bisa ketemu blog lagi.. :) Subhanalloh Allah masih memberikan kita kesempatan untuk terus meng-upgrade diri kita.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Pelajaran dari Dapur

Seorang ayah dan anak laki-laki nya sedang bercakap-cakap sore itu. Ayah nya menunjukan tiga benda yang ada di dapur. Ada wortel, ada telur, dan ada juga kopi.

Aku ingin hidup!

Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka. Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium

Thursday, May 31, 2007

تَلْحِين أشْعار "فورديس"

ذات يوم المُوافق في ١٩ مايو تَحْت أجْواء عَصْرٍ هَادِئَ, مَلأت أنْفاسٌ كثيرة ٌ مِن زُوّارِ مُجتمعِ الأدب "فورديس" صَالة دُكان التَّقْديرَات , بُولُونجان, جاكرتا الجنوبية. شهد فيها الحَاضِرُون فَعَالِيَات تَلْحِين الأشْعَار الذٌي ُيعْقَدُ سَنَوِياّ من قِبَلِ مُجتَمع الأدب "فورديس"- تَحْت رِعَايَة جَمْعية مُلتيميديا الأدبية حَيْثُ نَجَحَ البَرْنَامَجِ في اِسِْتقطَابِ عَدَدَ كَثِير من عَاشِقيِ الأدب والموسِيقيِ في الوقت نَفْسِهِ. ألْقَت ميدي لوكيتو-مديرة جَمعِية مُلتيميديا الأدبية كَلِمة اِسْتِفْتَاحٍ قَبْلَ بِدْء البرنامج في السّادسة مساءً حيث قدّم فيها اوّلَ عَرْضٍ شِعْرِي من الأخِ مُورينرا عن "حَلَقة من الحبّ الضَائِع". ثم أخَذَ الموسيقاء تُومِي دوينتا من سورابايا دَوْراً في تلحين شِعره بِقِثَارة كالسيكية وهارمونيكا. والمُطْرِبَة الشّهيرة ألدفينا وفِرْقَة أُوركِسْتَا "منني بولونجان" بِأدَاءٍ موسيقيٍّ شَاعِرِيٍّ غَطَّى أجواء الصَالَة بِألحْان رُومَانسية التي تَدُبُّ من أنْواعِ الأدَوَات الموسقية كالكَمَان والبَيانو والقِيْثَار. وفي خِِتَامِ البرنامج اِسْتَمْتَعَ الجُمْهُور بِسَمَاعِ تلحين عربيٍّ أصيلٍ كبَدوان الصَحَراء المُقدمة من فرقة "فورديس". [yulianti es]

...pada suatu hari....
ya...gimana? keren kan artikelnya?
padahal kisahnya karangan..tapi buat nama yang tercantum di dalam artikel, maaf yah.. gak bilang2, tapi ini cuma artikel boongan..hihihi.. makasih..

Depok, mei 2007

Rabu-30 mei 2007!

Rabu-30 mei 2007!
Cling...hari rabu!
the story goes...
helow, senin lalu, chacha berniat pinjem filkom, aku tinggalin dia di kamar buat ngerjain tugas dia. sementara aku berangkat les. sesampainya di kosa, ternyata chacha gak jadi ngerjain tugas, dan itu dikarenakan mati lampu. filkom mati, dan tidak bisa dipakai kalau gak dimasukin password dulu. akhirnya, malam itu cha gak jadi ngerjain tugas, bahkan dia main kartu sampai jam 4 di kamar tetty. saya dan awwal cuma ikut sampai jam 11 malam. ini kali ke duanya, saya begadang sama anak2 di kosan buat maen kartu, biasanya...saya lebih senang di kamar bersama filkom. hhehe..seru juga..rasanya memang sulit untuk meninggalkan cempaka sari. mungkin sama sulitnya seperti melupakan mantan pacar, buat kamu yang pacaran... atau mungkin sama sulitnya seperti saat mengerjakan ujian gramatika arab atau kalkulus.

cempaka sari menyimpan berton-ton -keluh-kesah-kisah, berjuta canda-tawa-tangis-harapan-pertengkaran-persahabatan-dan cinta!
maka kumasuki dia dua tahun yang lalu pun karena cinta-dan kini kutinggalkan cempaka sari pun dengan cinta.

cempaka sari berada hampir di ujung jalan kober, margonda. bentuk rumah yang sederhana, tidak tampak mempunyai 20 kamar kosan di dalamnya. karena kosan kami ini memanjang ke belakang. kosan kami bersih dan asri. di tengah terdapat taman yang dirawat dan dibersihkan oleh tukang tamannya. dan seorang bibi membersihkan lantai setiap pagi dan sore hari. cempaka sari mungkin sama seperti kos-kosan lainnya, tapi saya rasa ada kesan yang lebih mendalam dari pada kosa-kosa yang lainnya. nyaman!
dari kamar saya, saya bisa melihat bulan lebih dekat, beranda dengan tanaman lidah buaya, dan banyak lagi. di beranda kadang aku merangkai kata. menemui bulan, bintang, dan angkasa... walau kadang mereka diam saja tak membalas sapa.

cempaka sari adalah saksi bisu dari keluh-kesah-kisah saya selama dua tahun belakangan ini. di dalamnya telah tercatat aku dan kisahku. mungkin kisah teman sekamarku-juga. tapi, di hari-hari terakhir di bulan Mei ini, rasanya benar-benar sangat sulit. untuk bisa melewatkan waktu bersama kamarku, filkomku, dan kasurku! seminggu sebelum hari ini kutuliskan tentang kamu, kamar...aku bingung untuk bisa bicara dengan seseorang lagi. menunggu dia menghubungi duluan, itu sebatas harapan kosong sebenarnya. tapi, suasana makin ganjil saat hingga senin lalu, tak kujumpai pesannya. hingga kutemukan pesan singkat di offline msg. dan itu pun sangat singkat. tak apa. setidaknya, dia berusaha memancing untuka ku bicara. tak apa. tak apa. benar! senin saya melewatkan ujian akhir semester 6 untuk salah satu mata kuliah seharga 3 sks dengan lumayah, walau tak sempurna! bergegas sampai di kosan-lalu tidur!


selasa pagi-hingga siang, aku bersama kawanku yang mengindap semalam. cha dan awwal melanjutkan memakai filkom hingga kami merapel sarapan dan makan siang. siang itu aku sudah janji akan ke rumah teman di kawasan mampang. segera aku bergegas menuju stasiun kereta. dan menuju ke sana-setelah cha dan awwal menyelesaikan tugasnya. sesampainya di sana, dan menemui temanku...awwal mengirimpesan, kalau dia kehilangan datanya karena USB nya kena virus!!! dan dia harus nyalain lagi filkom saya. padahal passwordnya... yaa.. terpaksa saya beritahukan! *hmm..*

malamnya, saya tidak pulang ke kosan, saya menuju kuningan, berencana belajar untuk ujian gramatika arab! hahaha.. tapi yang ada saya sudah mengantuk sekali, dan belajar pun tidak konsen,. sebelum tidur kami mencicipi teh hangat buatan temanku-Aisyah- teh murni-vanila ditambah daun mint., segar.. tapi, tetap saja saya mengantuk.. heheh.. mungkin sabtu depan saya akan berguru pada teman saya lagi.

-gambar memasak teh di kompor listrik tercinta kami saat kami masih kos bareng di cempaka sari....kompor berjasa, hihi-

senangnya, saya sedikit melupakan apa yang sebenarnya sedang terjadi dalam diri saya-meronta-ronta dalam benak- danmelupakan mimpi dua alur di malam selasa yang lalu. minggu ini, selepas ujian hari senin, saya hanya beres-beres barang-tidak ada kegiatan lain- selain menulis saja.

di cempaka sari... makasih untuk semua tempat yang kamu bisa kasih buat saya. hihi.. saya akan mengunjungimu lagi. tunggulah aku...tetap di kota itu, kota yang di ujung senjanya kucari pelangi untuk menghias langit kamarku! sampai jumpa, cempaka sari.. (kutengok ke luar kamar, di luar hujan!!! hujan di akhir mei... selamat datang kembali, hujan. kau membawa kenangan ini resap dalam tanah, walau tetap sisakan bagian untuk di hatiku, bukan?!)

Wednesday, May 23, 2007

buruk

buruk kalau di bahasa Sunda biasanya diartikan "busuk". tapi, buruk yang kali ini saya tulis...
buruk keadaan... walau punya berita bagus, cerita bagus, kuliah lancar, uas lancar, tapi, air mata menetes tanpa sebab yang pasti-dan punya arti yang baik! kenapa harus menetes???? kenapa?

sebab tanya yang satu tak pernah terjawab. fana.fana. sirna!


margonda, 230507-sepulang les malam ini....

hayaaah

sebentar lagi semester berakhir!
dalam hitungan jari, kawan!
dan di sana kau temukan jalan!
jawaban!
penantian yang kandas,
walau demikian biarkanlah bebas!

waktu itu terlalu cepat meninggalkan kita!
dalam kerugian!

aku pun menghitung kerugian itu.... sayang tak ada bilangannya

hiiiii...

menghitung hari pula kepada saat-saat terakhir sebelum meninggalkan
cempaka sari tercinta. margonda tersayang...depok yang penuh kenangan...
aku pulang ke pangkuan bunda-- tapi, janji aku pasti akan kembali buat kamu, margonda!

terlalu banyak kenangan di dalammu, sayang!
aku akan rindu sekali sama kamu, margo!!!



jalan margonda, 230507

Minggu lalu hingga hari Rabu...

minggu lalu hingga hari Rabu...
^^^Tour 3 Kota

Gimana liburan "panjang" temen-temen semua?
kalau saya, lipuran 4 hari yang berlangsung minggu lalu setidaknya sebuah refreshing berarti, namun....alkisah...hari rabu malam, ibu saya minta ditemani ke Tanah Abang besoknya. tapi saya tidak bisa pulang hari itu, karena malamnya saya ada les. maka saya pulang hari Kamis pagi-pagi sekali, membawa setas cucian.. hihi.. karena di kosan lagi krisis air..payah deh..lalu,
setibanya mom bilang gak jadi, ada kerjaan dari tempatnya mengajar. ok.. im free! saya habiskan dengan tidur, makan, dan sesekali menonton televisi. heheh.. lumayan. malamnya, ayah saya bilang kalau jumat akan ke Garut. Ok, saya meminta izin agar boleh ikut. Padahal,
saya punya 3 tugas mata kuliah yang harus dikumpulkan paling lambat mnggu terakhir bulan
ini. tapi, lupakan lah sejnak.. lalu, saya pun ikut. selepas subuh di hari jumat, saya ikut
bersama ayah. kami berangkat dengan mobil berplat merah, mobil kantor, disopiri oleh
sopirnya temen ayah.. jadi di mobil itu, saya bersama bapak-bapak, ayah saya, temen ayah,
dan pak sopir. yaa.. ga pa pa lah, yang penting jalan!!! liburan gituh loch.. kapan lagi,
bisa gratisan gini.. hihi..

yang selanjutnya agak mengecewakan,, karena ternyata perjalanan kami tidak sampai hanya di
Garut.. lebih jauh dari pada itu!!!! lewat garut, kami ke tasikmalaya.. ok.. lewat ke tasik, kita menuju tasik coret.. yang jauuh banget.. ada kali 100 km dari tasik benerannya.. dan di sana, cuma mengunjungi makam syeikh gituh.. hmm, saya dih gak ikut, cuma temen ayah yang ngajak ayah..ya ayah sih niatnya refreshing juga, karena dia sekarnag sibuk banget...liburan gini dibuat penyegaran rekrasi tapi gak bareng keluarga..karena ibu masih sibuk sama UAS di SMP dia ngajar..adikku ada yang masuk sekulah hari sabtu. dan pada gak mau ikut.. karena banyak tugas juga.. aku sih hayu ajah.. ok.. dari sana.. jam hampir jam 3 sore.. kebayangkan, kami di sana cuma berapa menit saja, gak lama.. tapi.. perjalanan kami lama nian..
dari tasik coret itu kami kembali ke tasik..melewati jalanan yang sama.. sampai di kota kerajinan di tasik, saya minta belanja dulu ma ayah.. yaa buat oleh-oleh lah buat keluarga di rumah.. yaa.. seep! belanja selesai... kami menuju ke BANDUNG!!! Bandung, here i come,
baby!! hihi.. sayangnya.. sepanjang jalan hujan deras sekali. bahkan sampai jarak pandang kira-kira 3-5 meter deh.. sampai di bandung juga hujan!!! dan kami gak bisa kemana-mana
karena sudah malam, dan bandung sangat padat! untungnya tante saya udah beliin brownies amanda, khas bandung tea.. hehe.. jadi gak papa lah..

di rumah tante saya di sukamiskin itu, saya dapet akses internet gratisan. heheh.. bolehlah.. karena om, suami tente saya itu kerjanya di telkom bandung! hayaa.. asyik lah!! ketemulah saya si Arfah di YM..jam seitu, sekitar jam 8 lewat, dia ada di kampus.. waw..ngapainmalam2, wong libur juga gituh.. waktu saya sms-an sama tuppi, malam yang sama- dia bilang di kampus ganesa sedang ada pertunjukan ludruk.. hayaaa.. ludruk masuk kampus gituh.. malam2 pula.. hihihih.. seru ajah.. dan katanya banyak yang nonton loh.. nah, ok, gak lama, abis makan dan ngenet gratis itu, kami langsung pulang.. dan saat sudah

masuk CIPULARANG, saya menutuskan tidur. karena sudah malam. dan berharap saat bangun saya sudah ada di rumah. dan alhamdulillah,. ayah bangunin saya tepat pada saatnya. pas sama harapan saya. Jam menunjukan hampir pukul 12 malam!!!! (perjalanan yang panjang dalam satu hari Tour 3 Kota-)saya bangun hampis dekat rumah..setelah itu, cerita-cerita sama ibu dan adikku, dan aku tidur! hihi.. sabtunya saya seharian di depan komputer menyelesaikan satu tugas... dan ibu, ayah , dan adikku jalan2 gituh ninggalin aku.. olala.. ok.. minggunya, keluargaku ke sukabumi, karena ada adiknya kakek saya yangmeninggal dunia, tapi, saya tidak ikut, selain maasih capek duduk waktu hari jumat, saya masih ada tugas yang belum selesai.. dan begitulah akhir pekan itu berakhir..

sampai pada hari senin kemaren, Amel,,sobat saya niy, tiba-tiba ngabarin mau ke depok, terus ngindep di kosan.. aduh..jadi malu niy.. aku gak beres2.. hiehehe.. ya udah.. begtulah.. seru lah!!! lebih seru lagi... ada satu yang buatsaya tersenyum-senyum senang sendiri, tapi satu hal ini rahasia, kawan-kawan!! hihi. ya udah.. gituh dulu yaa. mau ujian niy jam 1 nanti.. doain yaa... salam selalu..


Nb: Rabu ini koq cerah banget yaa.. beda bangets ama rabu-rabu sebelumnya beberapa minggu di bulan ini dan bulan kemaren.. apakah ada yang akan mencerahkan hatiku juga? ada..musti ada. dan selalu ada.. hihi... semangat, yul!

Tuesday, May 15, 2007

dari JD ke SF 2007

Seminggu tidak masuk kuliah. Rasanya agak gimana gituh.. waktu masuk lagi kemaren, senin tanggal 14, merinding deh.. hihi..
seharusnya saja jadi penanggung jawab kompetisi Mabok di Sahara Fest, mabok di sini majalah tembok loch.. tapi, seminggu sbelum hari H, alias tanggal 14 kemaren..
saya ikut Journalist Day 2007... Acaranya seru banget... walau acara hari pertama (seminar) dan acara hari Ke-5 (company visit) gak terlalu memuaskan, tapi yang penting, training selama 3 hari itu yang bikin puas.. bikin capek, bikin pegel, bikin kompak, bikin kenal sama tim..
kita diminta cari berita investigasi di kawasan UI..dan kami (tim 3) sempet dikata-katain sama trainer dari TRANS TV itu... heheh.. yaa..wajar, emang kami sama sekali baru belajar, cuma dua kameramen kami yang anak broadcast, itu juga angkatan 2006.. hihi.. hm, tema kita tadinya tentang penyadapan karet di kampus UI, tapi, emang sulit dapet visual yang bagus.. setelah runding beberapa lama lagi, kita dapat tema bagus: TENTANG KEBERSIHAN DI KANTIN KAMPUS.

Acara tim kami : KATER -Kasus Ter-Abaikan- menguak lebih tajam!

Episode: DI BALIK KANTIN KAMPUS UI

trus terang, saya berminat sekali..karena udah sebelas hari sampai dengan Jumat minggu lalu saya sempet mengalami diare yang kemungkinan besar diakibatkan makanan yang saya santap di Jumat minggu lalunya lagi, itu mentah!!! CUMI MENTAH ada tahu BASINYA!! baru segigit, saya langsung mual-mual.. tapi, sebelas hari adalah waktu yang lama.. walau diare nya tidak terus-terusan. wajar saja. tapi kenapa yaa? perut rasanya berangin.. minum obat masuk angin, gak mempan, minum New Diatabe gak mempan.. akhirnya selesai acara JD 2007 langsung periksa dokter, dan memang banyak kuman di dalam lambung saya. setelah dokter kaasih obat ampuhnya, besok paginya udah agak baikan.. tapi, sampai sekarang belum buang-air lagi. . saya berhentiin minum obatnya.. hehehe..


BACK to JD 2007,
akhirnya, kami meliput keadaan kantin kampus yang tersebar di beberapa fakultas, dan fakta yang kami temukan... SELURUH KANTIN IDENTIK KOTOR!!! tapi, siapa yang peduli? yang penting makan murah,, itu opini banyak mahasiswa yang kami temui.

Tim kami diacungi jempol sebagai ide terkreatif, cerdas, karena mengangkat halhal kecil yang mungkin orang lupakan.. benar! Kami dapatkan visual yang membuat peserta lain begidik geli, muak, dan jijik.. Kami BERHASIL!!! tapi... ternyata ada kelompok lain yang menandingi kami, dengan alat lengkap, editan, dan tema yang baru tentang mabok di lingkungan kampus..ya, mereka memang jadi pemenangnya...

tapi, satu yang membuat kami berbesar hati menyabet juara kedua.. adalah... kekompakan kami, (padahal baru saling kenal), saya sebagai produser tidak mau terlalu mendokrin harus pake ide saya, saya memberi keleluasaan buat tim saya untuk berpendapat, dan kameramen kami pun bekerja dengan santai namun dapat.. selain itu, video kami tanpa editan, tapi sudah dapat sebuah alur yang nampak seperti telah diedit.. hebat lah..

tapi katanyaa.. dari tim yang menang, anggotanya bilang kalau si produser tim dia, yang sekaligus jadi kameramen tim dia... itu arogan, maunya pendapat dia doank,, hahaha..
yang pasti produser yang tidak dicintai lah. hahahahha.. CINTA nieeyy..

oiyah, sebenernya ada yang ganjil dari video mereka, mereka mengambil gambar malam, dan kami, penonton tidak mengetahui apakah itu ada di daerah kos-kosan kawasan UI atau bukan, karena seharusnya DAERAH LIPUTAN DIBATASI HANYA DI KAMPUS SAJA. sementara mereka, di salah satu adegannya menunjukan motor yang keluar gerbang UI. entahlah yaa..
yang pasti Mphiet, presenter KATER- berpendapat, kita HEBAT, tanpa editan loch.. kita tetep menang. bahkan sempat menjadi bahan obrolan para trainer.. hahah

Kita tidak bodoh, teman-teman tim KATER!!!
semangat terus yaa.. kapan kita ketemuan lagi, atau kita adain arisan yukk.. perdana di kampusnya Mphiet deh di IPB Bogor.. gimana?

ok... beranjak dari cerita itu, ada SAHARA FESTIVAL, akhirnya jadi juga.. anehnya, tanpa kepanitian yang jelas...acara ini bis ajalan. tanpa dana yang gak tau dari mana, bisa buat spanduksegede gambreng, spanduk backgroud panggung, dan yang pasti... acaranya tidak terplanning dengan baik.. yaa.. gimana yaa.. bayangin dari angkatan yang ada, yang turun kebanyakan anak 2004, yang 2005 kelelep, 2006 ada yang bantu2.. tapi, entahlah yaa. koq gak solid gini..

acara Gambusan yang si PJ Acara rencanain juga membuat kecewa banyak orang, karena sudah menggunakan keyboard elektronik, dan gak perlu lagi perangkat gambusnya.. yang nyanyi dan ada yang joged-joged di depan panggung pula.. yaa.. gak jauh beda dengan tari perut... padahal si ketua jurusan... udah wanti-wanti gak boleh tari perut, karena akan merubah imagenya anak arab.. hahaha... beginilah... dillema anak arab. mau arab yang bagaimana? pilihan di tangan anda sendiri... tapi yang pasti saya mah netral... gak mau terlalu kiri, atau pun kanan.. yang "gue ajah deh.." jalan di orbitnya masing-masing.. ..


hufff..

Tuesday, May 01, 2007

Jumat Sabtu..

Jumat yang bikin gregetan!

pagi-pagi, selesai satu naskah buat flash Nebula. tapi, dodolnya, aku lupa save di usb. aku cuma save di drive D: alhasil, waktu mau dikirim koq nihil. diinget-inget emang belum disave. payah juga niy. jum'at yang bikin gregetan karena aku udah kangen banget rumah, dan aku pengen banget kelas berakhir. pergantian jam kuliah jam sembilan, aku gak tahan lagi.. laper banget. aku kabur ke kantin buat makan masakan Bu Padang..sebenernya si Ibu bukan orang Padang, dia orang Jawa, entah kenapa dipanggil Bu Padang .. padahal suaminya yang Padang (kalau gak salah), makanan dia gak ada padang-padangnya malah, lebih ke-manis menu-menunya. tapi, jujur..tempat makan yang pasti diserbu mahasiswa kalau istirahat atau bahkan pesanan yang makanan ibu Padang ini. Selain porsinya banyak, murah meriah, dan yang lebih top lagi dari Ibu Padang ini, dia akrab banget sama mahasiswa. setiap bulan ramadhan, dia ngadain buka bersama bareng di rumahnya... dan selalu, mahasiswa dari berbagai prodi dateng.. kadang sisanya banyak dibawa anak-anak ke asrama/kontrakan untuk makan shaurnya. pokoknya ibu ini baik banget deh.. *promosi niy, Bu* hihi..

setelah itu, entah kenapa juga dari semalam, kepala agak puyeng. susah tidur. sampai paginya kuliah pun masih kerasa. dan kayanya kejawab...emang udah rindu sama rumah! sampai di rumah saya langsung tidur. ngantuk banget. hihi... oo.. kamar tersayang.. rindu nian aku padamu..

sabtu, rencana ke diskusi batal. aku batalin dateng ke seminar itu. lalu, pagi-pagi, belum jam 6, Bu Nur, salah satu pengajar rohani di LP Tangerang menghubungi saya untuk meliput acara para warga binaan LP Wanita Tangerang yangakan tampil di Gran Melia *ESQ ESKEKUTIF*. Tapi, rasarasanya hari ini saya ingin di rumah. dan ada beberapa kerjaan yang musti saya kerjakan. sehingga saya bilang, saya berhalangan untuk datang. dan memang saya juga tidak ditugaskan untuk itu oleh redaksi pusat. setelah itu, yaa saya tidur lagi. mumpung lagi libur. hiii... kapan lagi coba bisa tidur lagi pagi-pagi. hahah..

Dan ini yang paling GAWAT di hari Sabtu!
saat saya menemukan kamera saya "penyok"!!! *sebernya agak hiperbola* yaa.. gini, kondisinya, waktu saya buka dari sarungnya, tutup baterai kebuka, ujung dekat power penyok! saya bener-bener shock, danmengingat-ngingat, apa iyah sebelumnya saya memperlakukannya dengan tidak manusiawi? perasaan sebelum tidur, kondisinya masih utuh ajah...

adik saya dengan polos bilang; udah bawa ke tukang servisnya.
ok, dalam hati saya mengiyakan, dan belum berani bilng sama orangtua, segimana-gimana juga itu mereka yang kasih. seharian, saya deg-deg-an, kepikiran. sampai keringetan, ditambah udara siang kemaren panasnyaa.. waktu bangun sore, masih keinget juga, saya mencoba baca banyak buku untuk lupain dan menunggu hari senin untuk datang ke tempat servisnya. lalu, hampir jam 8 malam, saya baru ingat...

adik saya membuka lemari saya untuk mengambil laptop, dan di sana saya juga taruh kamera. saya tidak menuduhnya, saya datang ke kamarnya,
"De, kamu tadi bawa laptop, kamera jatuh gak?"
dia diam, dan kemudian menjawab "iyah".
jawaban yang menyakitkan! *uuhh..*
lalu begitu saja dia tutup pintu kamarnya lagi.
saya berlalu ke kamar. menutup kamar. dan menangis karena kenapa dia tidak jujur. padahal seharian saya udah takut banget. saya mana punya simpanan dana banyak untuk ngebenerin kamera, dana yang dikasih ortu minggu ini buat ikutan Journalist Day.. masa musti dipake benerin kamera,, tapi, untungnya..entah buku bacaan mana ajah yang telah saya baca selama tadi pusing mikirin kamera itu.. saya bisa sabar banget dan sama sekali gak marah-marah waktu tau adik saya itu ngaku.

saya cuma diem, mikirin musti gimana.

gak lama, temen saya nelpon, kami bicara.. yaa. setidaknya melupakan perkara kamera.
eh, adik saya masuk, "mana kameranya, gue yang bilang sama ayah, apa susahnya sih bilang". dia bener-bener gak banget waktu masuk kamar saya. saya tahu pasti dia juga takut. tapi, ak seharusnya dia diem. dan kamera itu dibawanya ke depan ortu saya. *mereka sedang di teras rumah, mencari udara malam*... untungnya juga, ayah saya sedang adem ayem. gak ada marah saat adik saya datengin mereka. Alhamdulillah, tapi tetap saja.. saya jadi gak enak. saya belum berani keluar kamar. hingga adik saya datang mengembalikan kamera itu. cuma diam. dan berlalu.

gak lama setelah itu, saya datang ke ruang televisi, menemui ibu, dan menceritakannya karena ibu menanyai saya... yaa... ya....begitulah Sabtu Deg-deg-an... kalau tuppi baca ini, ini lah alasan kita jadi sms-an kemaren tup.. "selain kasus di mobil bareng ortu gue yang gue ceritain sama loe, gue juga lagi bingung sama kasus yang satu ini, Tup..tapi.. untungnya elo bisa ngebanyol dikit dengan bilang kata-kata yang kayanya kita pun udah lupa.. tentang almamater...haha...sampai akhirnya diklarifikasi di telepon, apa iyah kita masih inget almamater kita, Tup? ternyata kita berdua udah lupaaa.. hahaha"

hampir larut, selarut saya masih menulis laporan bacaan buat kuliah metode besok, karena mau ketemu calon pembimbing skripsi...kemaren, asti nelpon.. dan seperti biasa.. kita bicara tentang perempuan... hihi... seru banget. terobatilah rinduku kepada teman sma ku yang satu ini.. hihi.. lalu..... tidur...... *berakhir sudah malam minggu*

minggu baca di kamar, tidur, makan, bareng ayah, ibu, usi, belanja bulanan ke TIP TOP. swalayan TOP banget, muslim yang punya dan harganya jauh di bawah harga warung, dan pasar swalayan, supermarket, hypermarket yang ada deh.. hihihi.... dan sekarang masih saja menulis....menulis..menulis... 11:28 PM

Petugas Berseragam Biru

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3
Petugas Berseragam Biru

Gambar-gambar di atas saya ambil beberapa waktu lalu, di salah satu ruas jalan Parung, arah ke Bogor. Semula saya hanya duduk di salah satu jok yang sudah tak karuan bentuknya di salah satu bus kota yang akan menuju Tangerang. Namun, berhubungan si kondekturnya masih sibuk dengan teriak lantangnya nyari penumpang dan si sopir juga masih ngaso. Penumpang pun harus menunggu lebih lama di bawah pohon yang lumayan rindang (tempat biasa bus istirahat cari penumpang alias ngetem). *siang itu habis diguyur hujan, ruas jalan Parung becek karena jalanannya tidak rata, alias bergelombang dan ada pula yang berlobang*.

Bola mata ini tak mau diam. Lalu menangkap pantulan cahaya dari seragam biru di sebrang jalan. Yap, bapak berseragam biru yang biasa kita kenal DLLAJ. Biasanya mereka orang yang berpostur besar, berseragam lengkap, berkumis tebal, dan menyeramkan dengan helm besar. Tapi, bapak yang satu ini, bapak yang tertangkap oleh lensa kamera saya adalah bapak yang kurus kering dengan kumis tebal. Seragamnya juga sudah lusuh dan tipis. Dia bersiap memintai dana distribusi jalan. *lupa istilahnya*… yaa.. pokoknya dia di sanan buat maintain duit dari sopir-sopir angkot. Tapi, sebelumnya saya jarang lihat orang-orang berseragam biru itu di sisi jalan itu. dan setelah hari itu pun saya juga jarang lihat. Jadi benarkah petugas itu tidak mempunyai surat tugas yang berlaku mengikat dan lengkap dengan tempat di mana mereka harus “memalak” sopir?

Jalur Parung sering sekali dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Mereka memintai uang kepada sopir. Padahal dekat situ, persis di depan pertiga-an pertama menuju Parung dari arah Depok dan Ciputat, terdapat KANTOR POLISI dan MESJID.

Di per-empatan setelah pertigaan (di jalur KANTOR POLISI) juga terdapat pemuda Ogah *ogahan kerja*, yang kerjanya maintain uang buat *ngatur jalan*, baik motor, mobil, bus, angkot yang lewat membayar sekitar 1000 rupiah sekali lewat. Itu sepengeliatan saya setelah beberapa waktu belakangan ini melewati daerah tersebut bila akan menuju Depok.

Sebenarnya, apa fungsi kantor polisi? Apa kerja para bapak berseragam biru? Apa kerja para pak polisi? Apa fungsi mesjid? Adakah hidup ini akan lebih membaik dengan “meminta-paksa-korupsi terang-terangan-di jalan raya”?

Ada apa dengan bangsa ini? Di saat muka tak lagi mengenal malu. Di saat tangan tak lagi mengenal tabu? Dan hati pun sudah tak lagi dapat membedakan arti kehidupan? Ironis… *tapi saya bisa apa?* (sebuah refleksi orang Indonesia yang tidak bisa apa-apa)


Depok, 1 Mei 2007


Dalam doa, saya berharap Allah memberikan pencerahan bagi semua rakyat Indonesia.. semoga Allah memberikan ketahanan bathin buat para pemimpin untuk bersikap adil, bersih, dan selalu mengingat Pemilik Alam Raya. Jangan rusak Indonesia-ku! (sebuah nasionalisme yang mungkin tak terdengar oleh para penguasa….)