Sunday, September 30, 2007

refreshing...

mau ke Gramedia dari minggu lalu gagal terus... akhirnya siang itu, setelah ngapu taman uhui yang seabreg-abreg luasnya, banyak daun keringnya.. dan sudah menjadi jadwal pribadi, tiap Jumat bersih-bersih halaman rumah. sudah pegel-pegel nyapuin halaman itu, saya cepat ganti pakaian dan keluar rumah. membawa 2 buku yang saya pinjam di perpustakaan untuk difoto copi, ada beberapa halaman buku yang ingin saya copi. ok, jalan kaki ke luar komplek, lumayan panas. udah setengah sebelas. hm... setelah titip buku di foto copy-an, saya bergegas nunggu bus, mau ke gramed di WTC...

niat cari buku-buku yang kontemporer ttg perjalanan spiritual. ingat titipan ario, sampai di Gramed, saya langsung ke rak buku sastra. dan alhamdulillah, masih ada satu buku Perempuan di titik Nol, tapi, saya gak punya pulsa untuk kabarin ario, kalau-kalau dia udah beli, kan mubazir ni kalau saya beli juga, buat siapa? di rumah udah punya satu. akhirnya, saya keluar WTC ke XL CENTER yang ada di salah satu ruko dekat situ... eh... ketemu mas Didi, mas-mas yang anggota cubersastra.net yang dulu ngenalin aku duluan waktu aku datang di OdeKampung... dia mau salat jum'at.. ya udah salaman gak kena, takut dia udah punya wudhu gituh.. hehe..

di XL center, saya bayar bill-xl saya, dan sekalian ganti alamat pengiriman bill ke rumah, karena saya sudah tidak di kosan. selesai itu, saya langsung sms ario, tapi kan ario juga salat jumat..akhirnya lama baru dbalas. saya sempatin baca-baca buku-buku di rak Islam. alhamdulillah, dapat buku judulnya
"Tasawuf dan Ihsan".





wah, cocok ajah, terbitan Serambi. kayanya terpercaya lah. udah itu, liat buku judulnya
"Obat Stres ala Islam", buku saku gituh, lumayan buat kalau lagi di jalan, bosen..bisa baca-baca buku kecil... ambil...

lalu, lihat buku judulnya "Perjalanan Spiritual Empat Imam Madzhab",

ini dia... dulu sebelum dapat kuliah Islamologi sama Ibu Dualismejurusan, saya gak tau apa-apa tentang imam-imam itu, say cuma jalanin Islam sepengetahuan saya. tanpa tau madzhab apa. cuma tau kalau kita ini (Islam di Indonesia) Sunni. sebenernya Sunni itu apa, gak tau juga... orang tua juga tidak pernah membatasi kita Nu, atau kita Muhammadiyah. hmm... pokoknya keluarga kami menjalankan saja ajaran al-Qur'an dan hadits, begitu kata ayah. bentuk amalan-amalan asalkan tidak bertentangan dengan hukum Islam dan tuntunan Rasulullah. Islam itu mempermudah kehidupan bukan?

nah... biar ada buku bacaan buat disharing bersama temen-temen yang tanya2 ttg madzhab (kaya waktu Aleknya inten tanya ttg itu sama saya, saya cuma bisa jelasin dikit, tapi kiranya sekarang, saya punya rekomendasi buku ringkas ttg madzhab) sekalian lengkapi perpustakaan pribadi gituh..

lama baca-baca, sadar-sadar, koq rak Islam makin banyak didatangi pengunjung Gramedia, umumnya bapak-bapak pekerja kantoran, pakai kemeja..rapi.. (pulangsolat Jumat kayanya sih), ada juga mbak-mbak, yaa..cukup ramai lah rak agama itu. saya perhatikan mereka, mereka membaca back cover buku yang menarik buat mereka, serius..membolak-balik, dan begitu lah.. Ya Allah, kau bukakan hati kami untuk mempelajari ilmu di muka bumi juga ilmu tentang akhirat nanti. ilmuMu tak terbatas, Ya Allah.

mau ke kasir, saya menemukan buku Rabi'ah al Adawiyah, seorang perempuan penyebar ajaran sufisme di awal-awal perkembangannya. Rabi'ah adalah penyair cinta sufisme. baris syairnya di cover: Tuhanku, Tenggelamkan aku dalam lautan Cinta-Mu.... tertarik ingin tahu lebih jauh ttg puisi Rabi'ah, seperti pernah diberitahu oleh Bu Dualismejurusan. yap..akhirnya selesai sudah berkunjungke Gramedianya... dan ini oleh-oleh buat perpustakaan pribadiku.. buku-buku Islam. (dulu kebanyakan buku sastra..hehehe...) Alhamdulillah sekarang bisa menyeimbangkannya. Semoga Allah senantiasa bersama umatNya yang selalu berusaha mendekatkan diri padaNya. Amin.


jumat, 28 september 2007, 18 Ramadhan 1427 H.

0 komentar:

Post a Comment