Monday, January 07, 2008

prakataaaaaa.... ^-^

PRAKATA

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmat-Nya, penulis bisa menyelesaikan masa kuliah di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, menuliskan skripsi ini lebih awal, dan merampungkannya tepat waktu. Salawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.

Pengerjaan skripsi ini tentu saja tidak terlepas dari dorongan dan motivasi besar banyak pihak yang diberikan kepada penulis, karenanya ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya, penulis haturkan kepada:
1. Ibu Siti Rohmah Soekarba, M.Hum, yang telah membimbing saya dalam penulisan skripsi ini. Terimakasih juga untuk kuliah Kemampuan Bahasa Arab, Islamologi, dan Penelitian Lapangan Islamologi yang begitu bermanfaat dan menambah wawasan penulis.
2. Seluruh dosen Program Studi Arab: Ibu Emma, Bapak Lutfi, Bapak Maman, Bapak Afdol, Ibu Wiwin, Bapak Fauzan, Bapak Letmiros, Bapak Suranta, Bapak Thoyyib, Bapak Aliyudin, Bapak Yon, Bapak Apip, Bapak Minal, Bapak Aslih, dan Ibu Eva.
3. Bapak Drs. Muhammad Luthfi dan Bapak Yon Machmudi, Ph.D yang bersedia menjadi pembaca sekaligus penguji skripsi saya.
4. Bapak Maman Lesmana, yang selalu mendengarkan celoteh saya, pengaduan, dan curahan hati saya.
5. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan Rektorat Universitas Indonesia yang telah memberikan beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik).
6. Ibu Prof. Dr. Ida Sundari Husein, selaku Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan Subag. Akademik Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Univeritas Indonesia yang telah membantu kelancaran kuliah saya selama menyelesaikan studi di Program Studi Arab, serta para dosen FIB UI yang telah memberi ilmu dan wawasan selama saya menuntun ilmu di Universitas Indonesia.
7. Bapak Ary Ginanjar Agustian, yang telah memberi pemahaman ilmu ESQ lewat buku dan training ESQ.
8. Bapak Rinaldy Agusyana yang dengan kerendahan hatinya mau meluangkan waktunya di sela-sela training untuk berbincang-bincang mengenai ESQ.
9. Teman-teman satria pena Nebula, Pak Yudhistira, Mbak Ana, Mbak Lisya, Mas Hendy, Bang Nafi, Bang Ekky Imanjaya (yang sudah ke Belanda), Shelly, Aad, Rahma, Cak Syamsul yang sudah mengajarkan banyak tentang mengedit gambar, dan Pak Tatan sang fotografer Nebula yang membuat saya tertarik fotografi. Terimakasih karena telah memberikan tempat yang nyaman selama magang di kantor ESQ LC.
10. Kedua orangtua dan adik-adik saya, yang senantiasa mendukung saya dalam menyelesaikan skripsi ini. Terimakasih karena ayah dan ibu telah berusaha keras hingga dapat menyekolahkan saya ke perguruan tinggi. Terimakasih untuk doa dan restunya sehingga saya dapat menyelesaikan studi di Program Studi Arab, Universitas Indonesia. Terimakasih untuk adik-adik saya atas do’a, motivasi yang sangat besar, serta suasana rumah yang menyenangkan.
11. Para guru tempat saya belajar, mulai belajar a-i-u-e-o, di TK Bahrul Ulum Puspiptek, SDN Puspiptek, SLTPN 4 Serpong di Puspiptek, dan SMAN 6 Jakarta.
12. Sahabat-sahabat SMA-ku Frutyship, persahabatan kita tidak habis ditelan waktu.
13. Sayekti Pinasti, sahabat yang selalu setia, tempat berbagi kisah, dan saudariku yang baik hati dan halus tutur katanya.
14. Tuppi Summa Wicaksono, calon insinyur, pembelajar, dan juga sahabat yang selalu setia mendukung dan mencintai, tempat berbagi kisah yang sangat indah seperti warna pelangi. Terimakasih untuk kebersamaan kita dan dukungannya pada hari sidang skripsi ini.
15. Riyadhini Aisyah, sahabat yang tangguh, keras kepala, namun baik hati.
16. Siti “Nenek”Awwaliyah, wanita itu unik, sahabat yang saya kenal sejak awal masa studi di UI. Terimakasih untuk tukar pikiran, motivasi, dan semua kenangan selama kuliah.
17. Ika “Rara” Rostia WD, perempuan Sunda penuh kisah cinta, yang setia menjadi pendengar celoteh saya, menjadi pembaca puisi saya sebagai sarapan paginya, dan menjadi teman satu kamar kos-an yang pernah jatuh bangun menjalani persahabatan kita.
18. Teman-teman Angkatan 2004, yang menemani perjuangan saya selama menuntut ilmu di kampus nan asri: Awwal, Rara, Ria, Halimah, Toet, Sasa, Icha (makasih buat pengalaman menjalankan usaha private AVC kita), Jihan, Yati, Mute, Eka, Echi, Tetty, Utty, Ully, Rizka, Ozi Kabir, Fandy, Arief, Dul, Miqdad, Vandra, Teddy, Hani, Ilham, Adit, dan semua kawan angkatan 2004 yang telah menjadi keluargaku selama di UI.
19. Spesial penghuni ruang 9307, mahasiswa majoring Middle East and Islamic Studies, alias kelas Latar Belakang Budaya, Wandi, Ihsan, Dita, Intan, Lina, Mas Ozi, dan Qq, yang mau sama-sama duduk dan ngobrol terus sepanjang semester tujuh.
20. Kakak senior saya; kak Baiq 2002, mbak Een 2002, kak Zacky 2003, yang banyak memberi masukan untuk saya, dan kakak-kakak lainnya yang telah menjadi keluarga selama di FIB UI.
21. Pengajar dan pengurus Rumah Belajar UI, SM FIB UI (departemen pendidikan), IKABA FIB UI, tempat yang memberikan saya pelajaran berorganisasi.
22. Nisa dan Destya, dua sahabat yang meninggalkan saya di sini, tapi tetap menjadi teman berkeluh kesah, dan bersenang-senang.
23. Teman-teman penghuni Cempaka Sari, Jl. Kober 31, tempat saya menghabiskan waktu di luar kuliah, untuk sekedar tidur, mencari inspirasi buat puisi, dll. Cempaka Sari adalah saksi bisu kenangan saya selama kuliah di Depok.
24. Para pengajar private AVC, Dony, Sutar, dan Alba, “mahasiswa TGP UI 2005” yang telah membantu keberlangsungan usaha private AVC.
25. Kawan-kawan komunitas sastra (dulu namanya YMS-cybersastra.net), Fei “geulis”, Mbak Meddy Loekito, Mbak Ria, Om Yono, Om Herilatief, Moyank, Bang Iwan Soekri Munaf, dan semua guru menulis puisi saya semenjak di SMA.
26. Amelia deVina, teman yang sangat cinta kebudayaan Indonesia.
27. Moeraindra, partner menulis puisi di tahun 2006, antologi puisi (belum diterbitkan) Cinta.
28. NJ, “Vivat Mesin ITS”, yang memberi saya pemahaman akan pentingnya SOB-Sense of Belonging terhadap jurusan dan pelajaran tentang kemandirian.
29. Seluruh pihak yang namanya tidak bisa saya sebutkan satu persatu, terimakasih atas semua dukungan yang telah diberikan selama ini. Semoga Allah SMT membalas kebaikan bapak, ibu, dan kawan-kawan sekalian dengan kebaikan di dunia dan di akhirat. Amin.

Akhirnya, semoga karya ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Penulis menyadari bahwa karya ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan akan penulis terima dengan senang hati.

1 comment: