Friday, May 21, 2010

Kanker Serviks paling Membunuh

Hari ini cerah yah.. Besok dapat undangan ulang tahun calon keponakan.. *wkwkw..* nah, tadi pas istirahat Jum'at-an, saya ditemani Ka Mei cari kado.. Yup.. dapat -lah mainan.. Semoga menghibur heheh..

Nah, setelah itu, pulanglah ke kantor.. Di kantor lagi ada seminar kanker Serviks oleh dr.Adhyatma Gunawan dan gsk-langsung saya bergabung.. Ruangan udah penuh, jadi saya duduk deket pintu.

Seperti yang saya dapat dari seminar tadi, kanker ini membunuh dengan lebih kejam, karena menyerang tanpa ada pertanda.. Biasanya baru kejadian setelah 15-20 tahun semenjak terserang virus HPV 16 atau HPV 18.. *HPV (human papillomavirus) atau virus papiloma manusia.

Belakangan kanker ini banyak merenggut nyawa wanita Indonesia- mungkin, sebenarnya, infeksi nya puluhan tahun yang lalu, namun karena tidak aware jadilah... demikian..  Sobtz, pada awalnya sel di mulut rahim masih mulus, namun setelah terinfeksi kanker akan berubah dan menjadi sakit. Nah, katanya, kalau udah parah stadiumnya, wanita yang terkena kanker leher rahim tuh bakalan mengalami pendarahan, keputihan yang berbau busuk, sakit pinggil, dan susah buang air kecil.

Untuk menghindari terkena penyakit menakutkan ini, kita haruslah hidup dengan sehat dengan memakan buah-buahan dan sayuran yang cukup, tidak merokok, menghindari berhubungan dengan lawan jenis saat menstruasi, dan hindari bergonta-ganti pasangan, dan jangan lupa selalu jaga kebersihan organ kewanitaan.. Buat yang udah menikah, lakukanlah pap smear setahun sekali, atau juga menggunakan vaksin.. Nah, vaksin ini diberikan 3x dalam waktu 0, 1, 6 bulan pada tahun yang sama. Dan bertahan hingga 8 tahun. Vaksin ini bisa diberikan pada perempuan usia mulai 10 sampai 55 tahun.. Begituu..

Cuma ada satu lagi infonya- karena berbagi ilmu pengetahuan adalah pahala.. insya Allah ini bermanfaat, sebagai wanita, diingatkanlah (buat yang udah punya suami atau calon suami... )- agar tidak "belanja".. karena kata Pak dokter tadi.. saat kita berpasangan dengan orang-maka kita berpasangan pula dengan masa lalu-nya. ternyata eh ternyata, the messager serviks tuh kaum lelaki.. ckckc.. So, mari sama-sama kita sebarkan info ini biar Indonesia bebas dari kanker serviks.. Insya Allah..

0 komentar:

Post a Comment