Danboo

Danboo tuh kependekan dari Danboard, dibuat dari kertas karton board. Yang pertama kali mengkreasikannya adalah Azuma Kiyohiko seorang komikus serial manga Yotsuba

Do'a di Tahun Baru 2012

Sobat yusako... akhirnya bisa ketemu blog lagi.. :) Subhanalloh Allah masih memberikan kita kesempatan untuk terus meng-upgrade diri kita.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Pelajaran dari Dapur

Seorang ayah dan anak laki-laki nya sedang bercakap-cakap sore itu. Ayah nya menunjukan tiga benda yang ada di dapur. Ada wortel, ada telur, dan ada juga kopi.

Aku ingin hidup!

Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka. Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium

Wednesday, August 25, 2010

Berkah Buka Bersama

Salaam, Sobtz.. sebenernya kangen banget bisa posting tiap hari. Cuma koq lagi datang mood.. ada ajah godaannya.. fufuf.. Sudah setengah bulan Ramadhan kita lalui.. Tak terasa.. baris-baris ayat al-Qur'an yang telah kita lantunkan, semoga menjadi ladang ibadah yang diterima Allah...AMIIINN... 

Hayooo siapa yang belum bocor puasanya? :D Saya jadi inget waktu masih SD.. Begini ceritanya.. saya dan adik saya, Via.. dapat satu buku kecil yang berisi hari-tanggal- perbuatan baik dan perbuatan buruk yang saya lakukan pada puasa Ramadhan.. Entah itu bangun shaurnya, puasanya lemes atau ga, gimana di sekolah, bantu ibu apa di rumah, dan lain sebagainya.. setiap poin kebaikan dihargai 1000 rupiah.. 

Wow.. jaman dulu itu cukup lumayan.. dikali 30 hari kalau ga ada yang bolong kan lumayan banget.. heheh. Hal tersebut bukan iming-iming, saya anggap. Ini adalah salah satu trik mendidik anak.. Bagaimana caranya agar anak mau puasa.. Alhamdulillah sejak SD saya udah pool puasa.. ya kecuali sekarang yaa, namanya kodrat wanita.. :D Namun, sekarang ga pakai ganjaran "1000rupiah" untuk satu kebaikan.. Sekarang pemahaman saya (insya Allah) sudah lebih dewasa.. ;D Insya Allah, ibadah-ibadah kita dicatat para malaikat dan diterima olehNya... karena inilah bekal kita untuk mati.. ya kan, Sobtz?

Ummh..hari demi hari saya ikuti solat taraweh di mesjid dekat kos. walau memang kadang konsentrasi buyar, karena kegerahan, saya tetap berusaha ikut.. cuma, semenjak Jum'at minggu lalu saya solat di kamar saja. Sekalian latian baca Qur'an-biar bagus bacaannya, juga benar tajwid nya.. Jum'at lalu, saya sama Idah-pulang ke kosan bareng..cuma kami pengen buka di luar- ga pengen makan di daerah kosan. Bosen juga mungkin ya. Ya.. dengan duit pas-pas-an karena belum gajian.. kami ke GI..haha. dan buka dengan KFC. OMG, jauh-jauh ke GI nan elite itu, kami cuma makan ayam goreng cepat saji.. haha.. *Upp..sss alhamdulillah!!!*, cuma, ya gituh... haha..  Dan parahnya lagi.. pulang dari GI, *setelah Magrib*, kami naik taxi..menuju 21!! haduww.. parah... parah.. dan menonton film action The Expendables.. yang bintangnya wuihh mantab smua.. Tapi yang ga mantab adalah mai duduk di baris paling depan. Sehingga menontonnya pun kami nenggak-dan pantat nyelempot di sofa nya. ckck.. kami ga habis ketawa. Mentertawai Idah...haha. kenapa bioskop penuh banget padahal harusnya tarawehan..haha.. Udah ah..itu ajah.sekali nakalnya..

Cuma.. buka bareng kami Jum'at lalu berlalu..dan kemarin, satu kantor- buka bersama di GI (again..).. kali ini rada berkelas di Cardamon.. kantor membooking satu tempat. Dibayar untuk 140 orang. Seorang kena kurang lebih 110.000... (gilee kann..Boross benerrr..kalau duit sendiri sih ogah ya? :p) Makanannya Asia bener dah.. buka ajah kita dikasih gorengan bakwan sama tahu.. baru loh kali ini buka sama gorengan. cuma ya gorengannya beda sama yang di pinggir jalan.. hihi.. hidangan penutup nya Mie ACEH.. hihi.. pokoknya, pastinya makanan diborong semua.. apalagi banyak bapak yang makan nya ga kira-kira.ckck..  =D (tapi ga gorengan doang koq.. makanannya beragam, saking beragam jadi bingung.. fyu..)

Alhamdulillah, sebagai anak kos- yaa lummmayan.. :D inilah berkah buka bersama nya.. =D Hanya, memang, teringiang-ngiang..sebagian orang di luar sana-di pinggiran GI banyak yang masih kelaparan.. :( Ya.. tapi kita harus bangkit dan selalu ceria.. makanya, yukk ikut gerakan kemanusiaan bersama dengan zakat, infaq, dan sodaqoh nya.. :) Nah..Sobt, melengkapi postingan ku yang panjang ini... here we are... (beberapa sudut yang tertangkap kamera diacara buka bersama kemarin/24-8-10..) =)
ada 2 senyum tanpa gigi, siapa hayo?
saya dengan Canon berharga bro IBRA301 =D
Maaf, Idah..kamu kepotong.. ini asli dari sana-nya ya..^^
Dedi, why did u look so SOK COOL? =))
...in relationship 4ever.. =))
cuma anak FL nan rapi dan tertib.. =D





Tuesday, August 17, 2010

Mekkah Mean Time.....!

Sobtz Yusako pa kabar??? Beberapa hari belakangan, berulang kali salah satu stasiun televisi lokal menayangkan tentang jam terbesar yang berada di jantung kota Mekkah, tepatnya di atas puncak Menara Abraj-Al Bait yang menurut berita tingginya sekitar 251 meter (dari dasar jam hingga ujung sabitnya-kalau bangunannya kurang lebih 600 meter tingginya-What a Big Big Number! :D ).. Jam yang akan berbunyi pada waktu masuk sholat itu di tiap sisinya dihiasi mozaik kaca dan bertuliskan "AllahuAkbar"-memiliki diameter tak kurang dari 40 meter-serta bulan sabit di atas jam-nya berdiameter 23 meter-juga dihiasi lampu-lampu-
 
Bukan sekedar jam saja- pemerintah Arab Saudi merencanakan-titik standar waktu nol derajat yang semula di Greenwich menjadi berpusat pada Mekkah. Wah, tentu saja berita ini bukan sekedar omong kosong.. Dengan posisi stategis Mekkah. Apalagi di sana lah kiblatnya umat Muslim sejagat raya... tiada tidak mungkin hal ini segera terwujud kalau pemerintah KSA punya konsep waktu yang jelas... Hm, memang tidak semudah membalikan tangan ya kaya-nya? Terlepas dari perdebatan di luar sana tentang MMT, insya Allah pasti Yang Kuasa punya rencana di balik ini semua.. Ya ga, Sobtz?

Bukan sekedar ambisi sesaat tentu. Bagaimana akhirnya MMT bisa diakui seluruh dunia seperti dunia sepakat dengan GMT, karena sinisme agama masih kerap terasa.. Kalau nanti sudah terwujud, jam kita mungkin +4 jam MMT ya gak sih? :D Sayangnya, waktu saya dan keluarga ke sana bulan Mei lalu belum nampak jam tersebut, tapi tak mengapa, insya Allah, kalau ada panggilan dan rezeki, pastilah kita kembali ke sana.. INSYA ALLAH....  :)

Friday, August 13, 2010

taraweh yang dasyaaat

Baru tahun ini saya merasakan taraweh yang dasyat...! 
Uppss, maaf Sobtz Yusako, saya langsung cerita ajah.. soale udah tiga malam ke-pending mulu buat posting. Disampimng koneksi sangat buruk, membagi waktu di bulan Ramadhan saya rada belum stabil.. hihi.. Oiyah, sebelum kulanjutkan ceritanya..saya mau kabarkan dan berbagi kebahagiaan, kalau minggu lalu, sebelum hari Ramadhan datang... THR 2010 udah di rekening...buat temen-temen, maaf yaaa..saya duluan.. :D hihi... Alhamdulillah Ramadhan makin semangat deh.. hihi..

Naaaah, berbeda dengan tahun-tahun yang lalu.. walau pulang kerja setengah 4, dan bisa sampai di rumah sebelum Magrib.... tahun ini saya memulai malam pertama hingga hari ini dengan puasa di kosan, begitu juga dengan taraweh nya.. Dan semua itu rasanya sangat berbeda.. Mau tau apa saja bedanya, yukk mariiii...
  1. Kalau pulang ke rumah, musti buru-buru-takut ketinggalan kereta. (terburu-buru adalah kebiasaan yang kurang baik..:D) 
  2. Sampai di rumah, solat Magrib buru-buru, belum sempet istirahat dan mandi... (kurang seger karena masih keringetan dan aroma kereta ekonomi nya nempel..)
  3. Eh, pas mau makan, masuk waktu Isya dan taraweh di mesjid..akhirnyaa....hari-hari berlalu saja di rumah, (karena udah capek-jadi malas berangkat ke mesjid..)
  4. Pagi-pagi habis Subuh sulit waktunya buat tadarus, karena musti buru-buru berangkat lagi ke kantor.. (aiihhh...kuciaan deh gue..)
  5. Habis di kantorrr, perut lapar dan ngantuk.. (komplit...)
Naaah.. itu semua berbedaa dengan sekarang.. Alhamdulillah, dengan nge kos, permasalah itu sedikit demi sedikit mulai teratasi.. My lovely mom memberi nasehat juga, "gapapa kamu di kosan, kamu biar nambah amal ibadah juga.."

Akhirnya, alhamdulillah.... malam pertama tarawehan-bisa taraweh! taun lalu, saya inget bangeeet..buru-buru naik kereta-ngejar kereta ke tanah abang kaya orang kesurupan! gara-gara tukang ojeg nya bawa lewat jalur tikus, taunya macet di sana sini! dudulllzzz.. dah gituh keretanya udah penuh, macam sardencisss, gerah banget.. dan saya bawa-bawa helm di kepala..helm si tukang ojeg nya.. gue lupa..karena kabur ninggalin tuh tukang ojeg..haha..

Malam pertama taraweh.. karena belum tau kondisi! saya pakai kaos lengan panjang, dan ternyataaaa panasnya luar biasa mesjid itu.. selain karena emang buanyaaak banget orangnya..kipas angin nya juga muternyat ga terlalu berpower.. :( Cuma, malam kedua-dan ketiga ini..lebih baikan.. karena orang yang taraweh makin dikit.. haha.. (upss..) Ya, habiss..tadi niyh pas satu deretku cuma bertujuh, enaak banget... saya ga keringetan! Ya gerah sih gerah, cuma ga bercucuran kaya waktu belum tau gimana taraweh di mesjid ini..

Di mesjid ini nerapin 2 gelombang.. jadi setelah 8 rokaat taraweh dan 3 witir, gelombang 20 rokaat lanjut. hm.. saya sih cukup yang 8 ajah.. soale eh soale.. targetnya khatam al-Qur'an sebulan itu, jadi bacaannya panjang-panjang.... OMG... waktu pertama.. saya sampe hampir pingsan. bukan karena ngantuk..(dikit ngantuk sih), lebih karena bacaannya ngebuttt bettulll.. (jadi pusingg saya..!!) cuma hari ini udah bisa senyum saya!

Mulai menikmati nikmatnya Ramadhan di kosan.. makan sama temen kosan di lantai 3, (yang cuma bertiga-ada juga beberapa orang cuma ga gituh kenal-di lantai 3 banyak yang non-Muslim-nya jadi ga rame macam dulu waktu kuliah lah)... Daaaan... karena temanku lagi dapat bulanan..rice cooker nya dipinjami ke aku..! horey, lumayan lah buat ngangetin nasi.. Makasih, Ramadhan! berkah! berkah! I love Ramadhan this year... semoga do'a-do'a ku di ijabah Allah.. Amiin.. Kamu semua juga ya, Sobtz.. semoga do'a kita semua dikabulkan.. Amiin..

Tuesday, August 10, 2010

Selamat Puasa Ramadhan 1431 H

Assalamua'laikum, Sobtz yusako! Nanti malam kita sudah melaksanakan solat taraweh kita yang pertama nih..
Senang sekali rasanya bulan Ramadhan telah datang.... rasa indahnya berbagi dan kebersamaan-yang semula hanyalah barang langka-insya Allah..di negeri ini akan lebih terasa..AMIIN..

Tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya-buat yusako.. Tahun ini, saya bertekad lebih memperbanyak ibadah dan amalan-amalan Ramadhan.. Dan tentu memperbaiki diri dan trus up-date keimanan dan ketaqwaan. Bagaimana dengan Sobtz sekalian?

Karena yusako sekarang sudah jadi anak kos-an lagi, yusako berniat tetap di kosan. Pengalaman yang sudah-sudah, dua tahun ke belakang... pulang buru-buru dari kantor, dapat kereta yang jam 4, dan sampai rumah Magrib (masih bisa liat matahari terbenam indah).. eh malahan malamnya kecapean, jadi nya malah tambahan solat sunah dan baca Qur'an nya masih lalai.. semoga dengan berada di kosan, bisa menambah baik manajemen waktu nya.. Do'akan yaa..! :)

Nah, teman-teman.. biar afdol, yusako minta dibukakan juga pintu maaf selapang-lapang-nya (lapangan?) atas kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, yang disadari maupun tidak disadari. Semogadengan hati yang bersih, insya Allah kita raih kemenangan di Syawal nanti.. :) Sekian dulu y, Sobtz semua.. Salaam selalu...

Wednesday, August 04, 2010

Subuh

karena selepas Subuh saya menulis ini.. saya mau memposting ini saja untuk pembaca yusako..

Sajak Subuh - Sapardi Djoko Damono


Waktu mereka membakar gubuknya awal subuh itu ia baru saja bermimpi tentang mata air. Mereka berteriak, “Jangan bermimpi!” dan ia terkejut tak mengerti.
Sejak di kota itu ia tak pernah sempat bermimpi. Ia ingin sekali melihat kembali warna hijau dan mata air, tetapi ketika untuk pertama kalinya. Ia bermimpi subuh itu, mereka membakar tempat tinggalnya.
“Jangan bermimpi!” gertak mereka.
Suara itu terpantul di bawahjembatan dan tebing-tebing sungai. Api menyulut udara lembar demi lembar, lalu meresap ke pori-pori kulitnya. Ia tak memahami perintah itu dan mereka memukulnya, “Jangan bermimpi! ”
Ia rubuh dan kembali bermimpi tentang mata air dan …

Perahu Kertas, Kumpulan Sajak. 1982.

Sunday, August 01, 2010

Teman Lama Tapi Baru..

Hola Sobtz Yusako.. hmmh, hari Minggu jatuh di tanggal 1 Agustus.. Wow.. Juli telah berlalu.. Setelah tutup buku bulan Juli yang jatuh tanggal 30, saya ambruk.. malam tidur dengan kipas angin-karena malas mandi. haha... Lah wong pulang sampai kantor udah jam setengah 10. :D

Nah, Sabtu pagi-tanggal 31-hari terakhir di bulan Juli-niatnya lari-gagal..karena habis Subuh-an-blassss-bangun jam 7-karena si Riyan Ciyoko (tetangga kamar kos) manggil-manggil depan pintu..wkkwk.. Akhirnya langsung ke agenda kedua pagi itu.. Hihi...setelah lengkap barang perlengkapan bebenah kamar.. mulai lah ini itu.. Dan, well.. selesai jam 10 lebih.. tapinya belum berakhir kegiatan kosanku-musti nyuci beberapa pakaian dan sarung bantal.. walhasil siang hari aku ngantuk banget.. padahal sudah janjian sama Nasrul-temen lama tapi baru-ku.. :D (Nasrul ke Jakarta berangkat dari pelabuhan Ratu ya, Rull? ;) Nasrul ga sendiri, dia bersama Cak Hudiit- yaa mereka ini teman yang kaya udah kenal lama lah.. para x-mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri khusus teknik di kota Surabaya itu loh.. haha..)

Dan.... karena suatu hal terjadi simcard-ku ilang-jadilah selain capek dah tutup buku, capek bebenah kamar kosan-ditambah pusing nyari simcard..mana pulsanya masih buanyaak banget. gregetan! fyuu.. waktu ditelepon Nasrul-aku bilang okey-okey ajah..cuma habis ituh, aku tidur..hahaha.. sampai jam 4, pas cak Hudiita (temanku juga yang dari Suralaya datangnya-bukan datang dari Surabaya lagi ya, Cak.. hihi..) nelepon, jadi ga ketemuannya-begitulah inti  teleponnya. (cak Hudiit ini teman lama juga.. dan satu pekerjaan lah sama Akang Tuppi..begituh juga dengan bung Nasrul.., hanya saja, beda tempat-satu di Suralaya-satu di Pl.Ratu, satunya di Padang..jauhh yaakk :(..)-saya bilang habis Ashar-saya berangkat.. haha.telat banget yaak.. :D saya mandi dulu dan siap-siap..ya amyun..baju pada kemana sihh..banyak yang dibawain ke rumah..untung ada kaos putih-masuk lah kerudung apa juga..haha.. 

Taxi! fyuuh.. keluar kosan langsung menyambar si burung biru yang lewat.. ga sampai 15 menit, saya sudah ada di tempat ketemuan..hihih.. tapi terus kami berpindah ke PIM! haha.. PIM again! sayangnya-cak Hudiit-kawan saya ini harus masuk kerja hari Minggu..ckckc..Jadi dari meeting point pertama dia langsung pulang ke Suralaya.. :) tuntutan pekerjaan ya, cak...:D walhasil saya bersama orang yang baru saya temui saat itu juga, walau kenal lewat fesbuk mah udah lama.. kalau kata Nasrul-kenalnya udah 6 bulan.. ckckc.. diitung, Rull? :D

Nah, jadi saya punya temen baru-tapi temen lama-itu-kemarin kopdar dan bertime-zone bersama.. haha. berikut personelnya-minus Cak Hudiit Akbar.. (Arii kuliah master di École Centrale de Nantes, - yang sedang kerja di salah satu oil company buat nambah-nambah CV hihih..-nambah pengalaman yang bener deng-selama libur kuliahnya ya-kalau ga salah... Nasrul Fadjar- pegawai perusahaan listrik negara yang baik dan berwibawa, dan Caca Laura baru lulus SMA-tapi tinggi badannya..-mungkin calon pacarnya Arii kalii.. haha)

Ari, Nasrul, dan Caca..
Namun ada beberapa hal yang saya dapat dari malam minggu saya yang berbeda dari biasanya itu.. pertama, saya bersama orang yang baru dan saya merasa roaming saat mendengar mereka bicara dalam bahasa Jawa... owh poor me?! kedua, saya merasa sudah tidak semuda dulu-dan lebih tau malu..wkwkw.. ketiga, saya pikir saya harus beradaptasi lagi karena sudah lama banget saya tidak berinteraksi dengan orang baru.. (kebanyakan di depan layar komputer..) hm...yang keempat adalah selera humor kami berbeda.. jadi yang saya anggap lucu, mungkin bagi mereka ga-bagi mereka lucu-tapi saya gak.dan saya ga paham. Hahaha..
Umh..cuma setelah kuapload poto di atas, koq aneh ya.. Nasrull kenapa kamu gandengan sama Adik Caca??? ckckck.. bukan gandeng Arii ajah.. -_- ga nanggung ya, Rull.. :D khilaf kah? :p de Caca, lain kali kalau jalan gandeng nya si Superman ajah ya.. tolong. wkwkk...
Hm... Nasrull, bilang sampai menci-menci... mungkin bojo-ne ngambek.. *haha, yusako sok bisa bahasa Jawa!* Maaf ya, brother-ku...bukan salahku mendapatkan capture-an seperti ini.. [^nyengir^]

Hm.. ada satu hal yang mau kutulis nih.. tentang bandeng asap sama bandeng mentah.. buat Arii, khusus kutulis buatmu, calon master lulusan Perancis.. Hm... maaf kalau saya menyinggung anda karena saya tidak suka asap rokok, bukan berarti saya benci dirimu,:P
kenapa saya memilih diam dalam senyum- karena sepertinya, berpikir orang pro rokok dan anti rokok 180derajat beda-nya. Dan tebakan kamu tentang bandeng asap adalah jawaban dalam diamku, anda keliru. Saya memilih bandeng mentah. 

Bayangkan bandeng yang mentah. Dia masih segar. Walau dia sudah mati. dia bisa masuk frezer dan membeku untuk waktu lama. Dan dia bisa tahan lama dalam mati-nya. Tapi..kalau bandeng asap-dia sudah mati. lalu, setelah mati dia dibumbui.. hingga badannya bau rempah-rempah dan kuning... Setelah itu, dia dijual-dan dioper dari penjual ke pembeli satu ke yang lain hingga ada di meja makan-cuma belum tentu ada yang makan saat di atas meja.. kalau ga habis.. dipanaskan..owh hidup yang lebih melelahkan ketimbang beku dalam es.. Bro Arii, dengan kerendahan hati saya-yusako- maaf kalau saya menyinggung.. saya malu sama orang di sebelah meja kita makan-makan pada nengok.. Kenapa guyon koq nadamu tinggi.. -_- santai saja, bro.. saya bisa paham apa yang anda maksud, tanpa harus anda bawa-jurusan saya... 

Caca bilang, yuk cari Smoking Room.. cuma kamu bilang kalau kamu di smoking room, kamu makin cepet mati. So? dari pada mati karena asap, bukan lebih baik berhenti dan tertawa bersama kami.... wanita juga ingin dihargai tanpa kamu merokok di depannya, bro.. ;D

Well, Sobtz yusako.. begitulah malam minggu saya. Senanglah bisa punya kawan baru, meski roaming tingkat tinggi.. :D Big hug and love u, all guys... ;D