Monday, December 20, 2010

Jogja 3

Well... malam segera berlalu... masih catatan yusako di libur (izin ga kerja..) di tanggal 6 Desember.. heheh.. Oiyah! Tas adikku rusak seleting-nya, walhasil kami membeli tas dari kain perca motif batik yang dijual di sepanjang Malioboro.. yang ukurannya jumboo sekaliii ituh.. jadi malam itu juga saya bebenah, belanjaan hari itu dan oleh-oleh kujadikan satu di tas jumbo tersebut.. =D jadilah itu angkutan kuli panggul dan korban panggul tas jumboo itu: saya! sementara adik saya kan ga bisa angkut berat-berat... fyuh.. cuma nih yang berasa pegelnya bukan bahu, melainkan kaki! kenapa nya- ada yang mau tau kah? :p gara-gara....(jalaaan lagiii) pagi hariii, kami sudah bebenah bawaan lagi.. sudah mandi, dan lanjut jalan lagi... Pagi itu, kami menumpangi becak lagi dari depan hotel... pak'e jalan pagi! (bapak gowes becak maksudnya, :D ) 


Keluar dari halaman hotel, di arah berlawanan ada becak yang ditumpangi dua orang lelaki yang berpakaian rapiiih banget, kemeja, jas dan berdasii.. 
adikku: "Gilee rapih bener naik becak yaa.."
saya: "Ho oh yaak..."
beberapa detik kemudian.
saya: "Viii..ini kan Seneen..pantas ajah orang pada berangkat kerjaa! Kitaa lah liburan.." wkwkwk...

Jadi, Senin pagi itu, aktivitas warga Jogja sudah dimulai.. Ramai, hanya beda banget ramai-nya sama jakarta... yaa, gimana yaa.. tau sendiri kalau Senin di jakarta (ga Senen doank siiihh, tiappp hari kalee pusing deh sama Jakarta).. Di Jogja, ga ada angkot... ada bus-bus kaya kopaja dan metro mini cuma ga sebanyak di Jakarta.. Tapi kalau motorrr yaaa, bejibun juga! Weleh-weleh.. Kami berhenti di alun-alun, titik nol. Senin pagi yang sibuk di Jogja. Sederet celengan dari tanah liat jadi warna yang semarak... Ga terkecuali kata-kata yang mewarnai body si celengan.. =D 


Pemandangan "menakjubkan" lainnya di Alun-alun adalah ini:

 Mantabb kan, Sob! becak's leader of the road :D
 Perjalanan ke Jogja saat rempong-nya pemerintah yang menggonjang-ganjing keistimewaan Jogja mungkin sangat berbeda dengan sebelum isu itu muncul.. Sebelumnya heboh berita Merapi...eh udahan Merapi...Jogja masih digoncang sama urusan "keistimewaan".. Berdasarkan wawancara saya ke beberapa pedagang dan tukang becak-ajah niih.. (belaga masih wartawan..wkwkw). Mereka orang awam ajah ngerti... "kalau Sultan kan mbela kami orang kecil gini.. gimana kalau sudah dijual ke partai.. " :D Celetukan kecil yang sudah bukan rahasia lagi deh.. Mari do'a kan Jogja agar tetap Istimewa, Sob! :)
Yuk Ngajogja!

Kalau kalian ke Yogja, pastikan ke sini.. =D Di alun-alun ada tulisan hanacaraka datasawala... cantik deh.. Cuma, saya tanyanya ke tukang becak...yoo dia ga ngerti.. gubrag.. si bapaknya "belum" bisa baca.. :( Apa yaa arti tulisannya???? 

Hm... biar bisa baca, yukk lanjutkan perjalanan ke mesjid Agung.. di sana ada sekolah. Sekolah Muhammadiyah. Pernah nonton film Sang pencerah kah, Sob?! Nah, kali ini.. saya berada di tempat di mana organisasi Islam itu pertama kali berdiri.... Di sambut oleh baliho besar bertulisan "Padang Nabi".. kepengen deh datang pas acara.. huhu.. Sepertinya menarik, Sob... lihatlah di halaman mesjid didirikan pula tenda-tenda putih besar... Upss.. lalu saya melihat persis berhadapan dengan mesjid, SEKOLAH DASAR...Hm, bangunan yang sangat sederhana... :) Sangat tenang.... :) 


Penampilan mesjid dan bangunan di sekelilingnya masih seperti bangunan lama. Dan tentu saja sarat akan ke-Muhammadiyah-an.. di salah satu tembok terpampang photo-photo pimpinan Muhammadiyah sejak dahulu hingga kini.. :) 
baliho besar
nice captured
Mesjid Agung
tenda padang nabi
kayu
Ibu Guru
Pagi itu memang masih cerah.. dan sangat mengasikan melihat cuaca cerah.. Dari sana, kami kembali ke Malioboro, mau cari sarapan.. Dan belanja pernak-pernik.. Hihi.. =D 
Pulang nya kami jalan kaki. Dan saya menemukan ini. Keren menurut saya.. manis bukan- bulan bintang di sana? :) kalau tanpa kacamata, saya bisa tertipu antara bulan-bintang dan tanda salib.. hihihi.. 
Berseni
Sampai di hotel lagi sekitar jam 10.30-an. Pesawat kami sore jam 5 kurang 10. Hm, check out jam 12... Hm... sempet kepikiran ngaso ajah di hotelnya..cuma.... Yuk, Vi.. ke Prambanan! Akhirnya setelah setengah jam-an cuma nonton di kamar.. kami sepakat check out..dan profesi pemanggul tas saya mulai. Setelah membayar biaya menginap semalam..saya dan adik saya menuju halte Trans Jogya.. Dan begitu cepatnya cuaca berubah... sejam perjalanan menuju Candi Prambanan.. Hujaaaaaaaan deras... Fyuhh.. Aduh-aduh... Untung saja, semalam ketemu juga yang jualan payung di Ramayana, Malioboro.. hihihi. (jadi potonya sambil megang payung yaa Vi.. hihihi.. )
Akhirnya karena nanggung, yaa sudah kami naik becak ke candi nya.. Dan si tukang becak, kami minta tunggu... Cuma sebentar liat candi... (karena Via belum pernah ke sini..),  dan mengabadikannya.. lalu kami pulang lagi menuju halte. kami akan langsung ke bandara. 


Namun..... empat puluh lima menit  berada di halte yang nan cilik ituh ditambah hujan yang sangat deras mengguyur Jogya, serta manusia yang semakin banyak..mungkin 50 orang-an menumpuk..karena bus nya ga kunjung ada yang datang... :( Akhirnya setelah datang..langsung diserbu orang..fyuuuh...


Dan benar saja.. cuaca Jogja siang itu semakin menyeramkan. Akhirnya bandara Adi Sucipto pun ditutup. Dan penerbangan delay semua... Dari sana kami masih santai, karena pesawat kami toh masih lama juga.. masih 4 jam lagi, pikir saya. =D


Check in dan duduk. Denger musik di hp. Dan diluar sana hujan dasyat. Geledeg menyambar. Dan Pesawat Mandala menuju Banjarmasin jam 2-an dibatalkan. Wuiihh.. akhirnya berbondong-bondong penumpangnya yang sudah menunggu di ruang tunggu kembali menyerbu loket mandala... hihihi.. 


Hanya, tidak ada yang marah-marah..karena yaa ini karena cuaca.. Ya ga ada yang mau juga terbang kalau hujan serem gini.. =D Nah, jam demi jam lewat.. tetangga kami lewat..  mereka akan naik Air Asia jam 2 (seharusnya), cuma delay juga.. antrian panjang-menyurut..lalu panjang lagi..menyurut lagi- para penumpang yang ckeck in datang silih berganti, namun tidak ada pesawat yang terbang. Jadi menumpuk sudah lah di ruang tunggu. =)) 


Pengumumannya jam 5 bandara baru dibuka.. Dan ga lama ada pengumuman kalau pesawat mereka (AA) akan berangkat jam 7.10... Laah kami yang jam 5, diberangkatin jam berapaaa.. hahah.. cuma saya dan adik biasa-biasa saja.. cuek malah. Yaa kalau emang musti di Jogja masih libur juga Selasanya.. (tanggal 7 kan merah..liburr..) hahah.. cuma yaa ngampar di bandara ajah. Males juga bawa-bawa tas jumbooo, pegel boo.. =D


Eh... jam 7 kurang-an... koq sepi yaa, Vi. Saya tanyakan ke petugas Mandala-nya.. Mereka bilang penerbangan-nya ada. Pesawatnya sedang muter-muter di atas Jogja, karena belum dapet parkiran.. wkwkw.. pesawat Mandala Ke JKT jam 14.50 sudah ready- akhirnya kami masuk ke ruang tunggu.. duduk di dalam sana menunggu penerbangan berikutnya 16.50 (dan saat itu sudah jam 7 lebih 15an sepertinya, rada lupa..:D) 


Eh....ga lamaaa, nama penerbangan kami RI 345 dipanggil! Alhamdulillah... cepet yah,.. heheheh... Lumayan lah, cuma 6 jam ga jelas di bandara.. belum sehari semalam.. Hihihi.. 


Alhamdulillah..sejam kemudian kami sampai lagi di Jakarta.. Saya kirim sms ke tetangga saya, hp-nya masih ga aktif. Taunya, saya sampai di rumah, eeh dia pesawatnya baru sampai di Cengkareng. Haha.. selisih sejam. padahal, dia katanya bakal diberangkatin jam 19.10, eh yang terbang duluan pesawat RI! Huehuehue.. ;P

Penerbangan pulang jauh lebih nyaman ketimbang sebelumnya-waktu berangkat. Sejam itu saya bisa tidur.. =D yaa ngantukk ajeeh, nunggu duduk. Enam jam, Sob!.. Hihi.. Dan sempet ngejepret ini.. lampu jakarta.. berapa ribu watt PLN nyedian listrik penerangan negara yaa... Nyok dukung pembangkita PLN di lebih banyak daerah di Indonesia.. dukung transparansi-nya dan ingaa-ingaa jangan jadi calo dan jangan nyuri listrik =D


Well, perjalanan yang seru yaa kan? ;D Sampai ketemu di jalan-jalan selanjutnya.. (bocoran: minggu ini-24-25 Des-ke Garut.. tunggu yaa.. ;) ) Wassalam, Sob!

0 komentar:

Post a Comment