Monday, April 18, 2011

Bolu Gula Merah

 Sobbii... :D Super Wiken.. Gimana wikenmu?
Wiken kali ini super hot.. Hawa-nya puanasss re', cuma sore ke malamnya hujan deresss ress..ress.. Namun jangan sia-sia-kan liburan yang ada, ya gak? Beberapa wiken ke sini, yusako lagi hobbi men-dapur.. Suttss.. jangan heboh gituh deh.. percayalah ini sungguh-sungguh. Yusako gini-gini jago masak loh. ;D yuk intip resep yusako.. :D

Minggu ini, saya mencoba resep temen kantor yang punya sampingan sebagai tukang jualan macem-macem. :D Bolu Gula Merah. Kenapa bolu gula merah? Banyak yang beli kue dia di kantor, cuma saya sih gak beli.. Soale harganya lumayan, ukuran 20 x 10 cm harganya 17 ribu.. yaa buat anak kosan kaya saya yooo sayang.. Wkwkwk.. Eh, minggu lalu saya dapat gratisan (hahaha.. gara-gara apa yaa waktu itu gue dapat gratis.. kalau gak salah karena temen-ku itu dapat order-an lumayan banyak, dan aku bantuin dia menyajikannya dengan cantik..wkwkwk..)

Alhamdulillah waktu itu lagi shaum, jadi nyuamii banget waktu berbuka dengan nyang manis nya.. :D  Hm... trus ajah saya jadi kepikir, kayanya gampang deh buatnya.. Dan akhirnya wiken kali ini saya coba buat... dan Yaa lumayan sukses lah..

Walau sempat shock liat bagian atas kue nya udah item- padahal baru beberapa menit di oven.. Langsung saya matikan kompornya, ternyata, api nya yang bagian atas terlalu besar, jadi "nge-bere'-ng-seng" alias menggelap tiba-tiba alias keliatan gosong lapisan terluarnya.. hahaha..

Untung ibu datang.. trus dicek.. Ternyata bawahnya masih bagus dan gak gosong. Bagian tengah kue juga belum matang banget. Akhirnya, kami masukan lagi loyangnya tapi cuma pakai api bawah. Selamat deh kue- ku! heheh.. Mau tau dunk resep nya? He he he..
Resep yang dikasi temanku cuma begini:

gula merah secangkir. gula putih se-perempat. terigu secangkir. minyak setengah cair. telor 4 butir. baking podwer setengah sendok teh.

Resep yang aneh bukan? :D

Tapi karena dikasih resep-nya gituh, apa boleh buat.. yuk maree saya praktekan buatnya... pertama-tama siapkan cangkir yang kiranya ukurannya standar la yaww, buat takaran gula merah dan terigu-nya. Siapkan juga mixer. kemudian siapkan juga loyang dan baskom ukuran sedang. Dan piring untuk menyajikan tentunya.. :D

Baskom digunakan untuk mengocok keempat butir telur, gula merah, dan gula putih (dimasukan bersama-sama), kemudian nyalakan mixer, dan lihatlah sampai warnanya berubah dan sedikit mengembang.. lalu masukan tepung terigu perlahan diikuti baking podwer.. Kemudian lanjutkan nge-mixer. Oya, angka di mixer menunjukan angka besar alias yang tercepat ya.. biar halus adonannya.. Selanjutnya, sebagai pengganti minyak seperti yang di resep, saya menggunakan mentega BB.. Hehe.. (sensor merek)..

Lakukan dengan sabar, hingga adonannya bagus merata, dan tidak ada lagi gula merah yang masih batu. (karena tadi saya rasa, sedikit gagal, karena saya nge-mixer belum sampai halus banget, ini berakibat matang tidak merata saat di oven)..

Selanjutnya, setelah halus- adonan pun siap untuk dimasukan ke dalam loyang.. Biar tidak lengket pada saat diangkat, jangan lupa oleskan mentega di sekelilig loyang-nya yaa!!

Nah, setelah itu, pasang api kecil (bagi yang memakai kompor modern seperti saya, *belaguuu.. *bercanda, Sob hahaha.. pastikan api atas dan api bawah sama besarnya, agar merata matangnya..) Cukup 10 menit sajah- jangan terlalu lama, dan jangan tinggalkan oven anda, takutnya kelupaan alias kelamaan yang ada gosoong.. ha ha ha..

Nah, tengok lah sebentar, kalau sudah terlihat matang, cobalah mencoleknya, hanya untuk memastikan adonannya udah sempurna.. (walau punya saya itu masih jauh dari sempurna.. nyang pasti akan trus belajar deh...) Matikan api saat sudah matang.. Namun, diamkan beberapa saat di dalam oven, biar "bagus" ajah hasilnya.. hehehe..
Lalu, keluarkan loyang dari oven, kemudian, sajikan lah.. Nah, siap disajikan... keluarkan kue dari loyang... sim salabimmm.. He he he.. Nyaammmyy... Liiat dunk captured cake-nya (potongan kue-nya) menggoda kan??? He he he.. Dengan biaya kurang dari 20ribu dapat kue ini untuk teman santai keluarga.. ;) Apalagi di akhir pekan, pas banget buat temen nge-teh atau ngopi.. (promosi..) selamat mencoba, Sobbiii!

nb: Gambar adonannya diambil dengan kamera hp, selebihnya DSLR. Ha ha ha.. Next time, kalau eksperimen, yusako posting mulai dari step-step nya ya.. makasih dah mampirrrr semua.. :*

4 comments:

  1. Wew.. enak baget kelihatannya ini... kapan-kapan boleh dong mbak dikirimi hasil men-dapur mbak.. :P

    ReplyDelete
  2. @Frenavit... boleeeh.. :) he he he

    ReplyDelete
  3. @restoranseafood.. ho ho ho... nyammii

    ReplyDelete